Reses, Hi. Tamanuri DPR RI Didampingi DPRD Lampung Mardiana Imbau Masyarakat Sungkai Barat Disiplin Menjalankan Prokes 3 M

Lampung Utara – Anggota Komisi V MPR/DPR-RI, asal Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung II, Hi. Tamanuri, MM., melangsungkan kunjungan kerja di luar masa persidangan (reses) perseorangan, Sabtu, 20 Februari 2020, yang dipusatkan di Desa Gunungraja dan Desa Negeri Batin Jaya, Kecamatan Sungkai Barat, Lampung Utara.

Dalam reses perseorangan itu, Hi. Tamanuri, MM., menegaskan tiga hal yang harus dilakukan masyarakat guna memutus matarantai penyebaran covid-19, yakni dengan menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan menggunakan air bersih dan mengalir.

Hal ini, sambung Tamanuri, merupakan protokol kesehatan (prokes) standar yang diterapkan oleh pemerintah melalui Satuan Khusus Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

“Meskipun hal itu bukan menjadi satu jaminan, namun dengan melakukan tiga hal tersebut setidaknya kita telah berupaya untuk mencegah penularan secara langsung,” ucap Hi. Tamanuri, didampingi anggota DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, MT., Fraksi Partai NasDem.

Dirinya juga menyampaikan, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai legislator dan merupakan cerminan dari aspirasi masyarakat, Komisi V yang didudukinya saat ini memiliki mitra kerja di bidang infrastruktur.

“Terkait hal itu, sebagai perpanjangan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat pusat, pihak desa dalam hal ini melalui kepala desanya agar aktif dan reaktif dalam mengusulkan keinginan warganya,” kata Tamanuri.

Dirinya melanjutkan, semua itu dilakukan agar program-program yang dirancang pemerintahan pusat melalui kementerian terkait dapat dipercepat dengan adanya dorongan dari legislator, seperti dirinya, yang saat ini duduk di DPR-RI.

Sejumlah program aspirasi yang kerap diusung Hi. Tamanuri, MM., bersama Mardiana, MT., berupa Program BSPS, PISEW, pasar desa dan desa wisata, jembatan gantung, P3TGAI, dan beberapa program aspirasi lainnya berbasis padatkarya.

Sementara itu, Camat Sungkai Barat, M. Ridho Alrasyidi, menyampaikan, belum lama ini Kecamatan Sungkai Barat bersama seluruh kades yang ada di wilayah tersebut telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan menghasilkan 74 usulan yang masuk dalam sistem informasi.

“Mayoritas usulan yang diberikan saat pelaksanaan Musrenbang, terkait usulan prioritas perbaikan infrastruktur jalan,” kata M. Ridho Alrasyidi.

Camat Sungkai Barat juga menyampaikan, dalam hal mengatasi pandemi covid-19 di wilayahnya relatif terpantau dan dapat ditanggulangi bersama tim satuan gugus tugas setempat.

“Hingga saat ini ada enam orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan empat diantaranya telah dinyatakan sembuh dan sedang dalam masa pemulihan. Untuk dua lainnya masih menjalani isolasi mandiri (isoman),” terang M. Ridho.

Terpisah Kades Negeribatinjaya, Herdison, menjelaskan, jumlah jiwa yang berdomisili di desa itu sebanyak 1.202 jiwa dengan V dusun.

“Warga desa kami sebagian besar berprofesi sebagai buruh tani. Untuk menunjang hasil perkebunan dan pertanian darat yang ada di sini, seperti karet, jagung, maupun singkong, kami sangat membutuhkan akses jalan yang optimal,” kata Kades Herdison.

Untuk itu, lanjutnya, warga setempat sangat mengharapkan adanya perbaikan jalan serta pembangunan jembatan desa.