Resmi Lantik DPAK, Senat Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Banten Langsung Gelar Training Legislatif

Banten,  Serang РSenat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah UIN Banten resmi menggelar kegiatan Pelantikan DPAK, Rapat Kerja, dan Training Legislatif #1 di Kantor DPRD Kota Serang, Sabtu 29/2/2020.

Kegiatan yang dihadiri Ari Winanto, Anggota DPRD Komisi ll Kota Serang itu bertajuk “Meningkatkan Rekognisi, Lahirkan Produk Legislasi Yang Unggul” digelar untuk melantik keluarga besar Dewan Perwakilan Kelas (DPAK) dan melatih kemampuan legislatif dalam kegiatan Training Legislatif #1 sekaligus Rapat Kerja Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah.

Dewan Perwakilan Kelas (DPAK) memang hal baru dalam struktural di Senat Mahasiswa. Karena, belum ada satupun Senat Mahasiswa baik di UIN Banten atau dikampus lain yang menerapkan hal serupa.

Hal tersebut senada yang disampaikan Nanang Saprudin, Ketua Komisi ll bagian Controlling Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah itu menyebut DPAK merupakan konsep baru dari Pengurus SEMA Fakultas Syariah untuk ikut serta membangun Fakultas Syariah yang lebih baik.

“Dewan Perwakilan Kelas (DPAK) merupakan konsep baru yang coba kami bentuk di tahun ini, mereka merupakan representatif perwakilan dari masing-masing kelas di Jurusan se Fakultas Syariah. Untuk legalitas DPAK alhamdulillah kami sudah mengeluarkan Surat Ketetapan Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah tentang Pembentukan DPAK sebagai Badan Kelengkapan di SEMA Fakultas Syariah.” Ungkap Nanang Saprudin

Di sisi lain, Didin Supriadi, Penanggung Jawab Harian Dewan Perwakilan Kelas (DPAK) mengapresiasi gagasan dan konsep yang dibuat jajaran Pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Syariah tentang Pembentukan DPAK, karenanya ia berterima kasih atas hal baru tersebut.

“Saya mewakili teman-teman DPAK mengucapkan terima kasih kepada jajaran SEMA Fakultas Syariah karena sudah membuat konsep ini, menyediakan lahan untuk kami ikut serta berkontribusi dalam jajaran SEMA Fakultas Syariah. Apalagi pasca digelar Training Legislatif, banyak wawasan yang kami dapatkan untuk bagaimana caranya menjadi Legislator yang baik.” Ucap Didin Supriadi, PJH DPAK SEMA Fakultas Syariah

Pasca kegiatan, lain halnya dengan  Fariz Amrullah, Ketua Umum Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah itu menyebut setelah digelar Training Legislatif, semoga DPAK dapat langsung bergerak bersama-sama dalam membuat produk legislasi yang unggul dan berkualitas.

“Sudah saya katakan sebelumnya, ada beberapa produk legislasi yang akan kami buat dalam setahun kedepan. Nantinya DPAK akan kita jadikan bagian dari Pansus pembuatan Produk Legislasi tersebut. Doakan saja semoga mereka maksimal.” Tandas Fariz. (Red/Aldi)