SDM Generasi Pesona Indonesia (GenPI) ?

Madani-News.com – Banyak yang bertanya fasilitas apa yang didapat jika menjadi anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI)? Pertanyaan muncul dari beberapa orang yang datang bertanya, dan saya melihat ini umum terjadi pada organisasi apapun. Saya langsung menjawab, GenPI tidak dapat memberikan apa-apa kecuali transformasi pengetahuan. Mereka yang niat bergabung dengan orientasi yang berbeda, pasti akan urung dan tidak tertarik dengan jawaban GenPI seperti ini. Beberapa orang datang dari berbagai kabupaten dan bertanya, selalu saya jawab apa adanya. GenPI harus menjadi komunitas yang menggabungkan berbagai potensi gagasan dan gerakan.

Dalam iklim pemberdayaan, pengetahuan adalah modal utama. Ketidakmampuan menangkap pengetahuan akan sulit survive di masa depan. Sebagai organisasi yang juga fokus pada ekonomi kreatif, SDM GenPI sangat menghargai gagasan-gagasan baru. Membincangkan pemberdayaan ekonomi kreatif membutuhkan kurikulum-kurikulum yang lahir dari hasil praktik-praktik komunitas, bukan diktat-diktat yang lahir dari teori ruang kelas. Maka GenPI akan menghargai pengetahuan yang dilahirkan dari pengalaman gerakan di lapangan. Tidak ada senioritas, semua saling belajar dan memberikan penghargaan pada mereka yang menjadikan pengetahuan sebagai agenda penting dalam gerakan GenPI.

Komunitas GenPI dimasa awal memang diisi oleh para penggiat fotografi, videografer, penulis blogger, traveler, namun saat ini anggota GenPI sudah memiliki banyak background, maka transformasi pengetahuan untuk membangun satu frekuensi sangat penting. Satu sama lain akan saling belajar dan menjadikan semua SDM GenPI yang ada adalah Asset terbesar GenPI itu sendiri. Pentahelix butuh narasi besar agar antar komponen punya kesadaran pasca pengetahuan.

GenPI Lampung sudah memulai, kami berharap hal ini akan dilakukan oleh Genpi yang ada di seluruh Indonesia. Pelatihan SDM GenPI harus menjadi agenda rutin, setidaknya aktivitas mingguan untuk membincangkan pengetahuan sesama anggota. Target besarnya banyak anggota akan jadi penggerak, mereka yang menolak belajar, tidak perlu dipaksa, tapi pasti mereka akan tersingkir sendiri dari iklim pengetahuan GenPI yang terus dinamis. Sekolah Pariwisata, Sekolah Desa, Sekolah Ekonomi Kreatif, Sekolah Media, dan Sekolah apapun yang mendorong SDM GenPI terus tumbuh menjadi pribadi pembelajar wajib didukung.

Dalam waktu dekat GenPI Lampung akan menyusun materi-materi sekolah kader GenPI agar bisa diakses oleh GenPI manapun. GenPI Lampung berusaha menginspirasi pengalaman gerakan SDM GenPI di berbagai daerah dalam menggerakkan wisata dan ekonomi kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat. Jika ini dilakukan konsisten, kelak SDM GenPI akan makin kuat dan GenPI akan panen SDM penggerak ditiap kabupaten/kota. Maka GenPI tidak boleh jadi organisasi papan nama, dimana setelah dilantik bingung akan melakukan apa?

Penulis : Dharma Setyawan (Pembina GenPI Lampung)