Sebanyak 44 Titik Rumah Baca “RP SNC” Diseluruh Indonesia Telah Resmi Dibuka

 43 total views

Lampung Tengah, Seputih Agung – Jum’at, 18 September 2020 telah resmi dibuka rumah baca RP SNC (Rumah Peradaban Spirit Nabawiyah Community) di-44 titik, serentak seluruh Indonesia.

RP SNC adalah rumah baca yang didirikan oleh Spirit Nabawiyah Community, sebuah komunitas penjualan buku SDI (Sygma Daya Insani) yang bermarkas di Depok. RP SNC terbentuk dengan cara mengumpulkan wakaf buku. Wakaf buku dikumpulkan dari kegiatan seminar online yang diadakan SNC, maupun dengan menggalang dana dari para waqiif secara perorangan.

Sasaran utama RP SNC ini adalah anak-anak mulai usia balita hingga dewasa. Buku-buku di RP SNC ini berupa buku premium Sygma, terdiri dari Rasulullah Teladan Utama (RATU), 24 Nabi dan Rasul, 64 Sahabat Teladan Utama, Buku Pintar Iman Islam, dan Balita Beraklak Mulia. Selain tampilan buku berupa hardboard dan full colour yang menarik, terdapat game edukatif yang bermanfaat untuk mengasah kecerdasan dan motorik anak.

Saat ini sudah terbentuk 107 RP SNC di seluruh Indonesia. Di Lampung sendiri sudah ada empat, dua diantaranya sudah launching beberapa waktu lalu yaitu di Way Kanan dan Sukarame. Sedang dua lagi yang launching September ini, yaitu di Labuhan Ratu dan di Desa Fajar Asri, Seputih Agung, Lampung Tengah.

Terbentuknya RP SNC ini didorong oleh keprihatinan pada degradasi moral anak bangsa. Melalui berdirinya RP SNC ini diharapkan dapat memperbaiki akhlak dan moral anak muslim di Indonesia dengan keteladanan kisah-kisah para Nabi dan Sahabat. Selain itu, dengan tagline ‘membaca untuk negeri’, keberadaan RP SNC ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya budaya literasi di masyarakat.

“Alhamdulillaah, dengan adanya RP SNC ini anak-anak selain jadi suka membaca, juga jadi belajar tentang siroh, tentang akhlak. Anak-anak seneng banget main ke RP, lha wong bukunya bagus sama game-nya keren-keren, sih.” tutur Anik Winarsih, pengelola RP SNC Fajar Asri, Lampung Tengah.

SNC menargetkan terbentuk 200 titik RP di seluruh Indonesia hingga akhir 2020. Untuk itu, SNC mengharapkan partisipasi aktif masyarakat dengan turut dalam program wakaf buku. (Red)