Sekda Provinsi Lampung Hadiri Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020

 9 total views

Bandar Lampung – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, hadiri Webinar Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020 dengan tema “Jaga Integritas Diri, Pulihkan Negara Kala Pandemi”, di Ruang Video Conference Lt.1 Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Kamis (10/12/2020).

Irjen Kemenkeu, Sumiyati, mengatakan tujuan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diperingati setiap tahun adalah merupakan salah satu bentuk komitmen untuk menjaga dan meningkatkan integritas terutama di masa Pandemi Covid.

Sumiyati juga mengatakan, Pemerintah telah mengambil langkah untuk pemulihan ekonomi, semua ini harus dilaksanakan dengan penuh integritas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang turut hadir dalam webinar mengungkapkan bahwa seluruh lapisan masyarakat sedang menghadapi pandemi. Hal ini menjadi ancaman yang luar biasa bagi umat manusia dan ancaman ekonomi bagi keuangan negara.

Dalam menghadapi krisis ini, Pemerintah telah mengeluarkan UU Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Langkah ini guna melaksanakan pemulihan ekonomi masyarakat akibat dampak Covid.

Ancaman korupsi bisa terjadi dimana saja, Kementerian Keuangan mengundang aparat hukum dan tenaga ahli untuk melakukan kerjasama dan koordinasi guna menurunkan tingkat ancaman korupsi di Indonesia.

“Hal ini merupakan tanggung jawab kita semua, korupsi sama dengan Covid bisa menular dan membahayakan institusi dan masyarakat,” tegas Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa menurut Survei Transparansi Internasional, 30% masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan publik masih harus membayar sogokan. Angka 30% ini adalah suatu indikator yang harus dilihat oleh Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki birokrasi dan regulasinya. (*)