SMAN 1 Kota Metro Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Madani-News.com – Kota Metro – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Metro berhasil mewakili SMA di Lampung menerima penghargaan Adiwiyata Nasional yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala SMAN 1 Metro Purwaningsih mengatakan torehan prestasi yang diperoleh tersebut berkat kerjasama yang baik antar perangkat sekolah serta rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro dan Provinsi Lampung.

“Adiwiyata Nasional yang baru diberikan kepada SMAN 1 Metro 2019 ini merupakan Adiwiyata Nasional pertama yang kami terima. Tahapannya adalah pembinaan yang dilaksanakan oleh dinas lingkungan hidup kota metro kemudian dinas lingkungan hidup provinsi kemudian diusulkan untuk mendapatkan adiwiyata nasional dari KLH,” katanya seusai menghadap Wali Kota Metro Achmad Pairin di kantor Pemkot setempat, Senin, 23 Desember 2019.

Menurutnya SMAN 1 Metro merupakan satu-satunya sekolah tingkat atas yang diusulkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung untuk mendapat penghargaan tersebut.

“2019 ini ada 3 sekolah dari provinsi Lampung yang diusulkan adiwiyata nasional, dan untuk tingkat SMA hanya SMAN 1 Metro saja,” kata Purwaningsih.

Sementara Wali Kota Metro Achmad Pairin mengapresiasi torehan prestasi yang didapat SMAN 1 Metro. “Saya sangat apresiasi, terimakasih. Semoga sekolah-sekolah di Metro juga bisa memperoleh prestasi serupa dengan menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Metro Ria Andari mengaku telah memiliki program green school yang menjadi target capaian kedepan.

“Kita ingin jadikan sekolah sekarang sebagai green school, sekolah hijau, sekolah nyaman dan sekolah sehat. Artinya sekarang menjadi program kita dan target kita kedepan. Sekarang baru SMAN 1 Metro, mudah-mudahan ke depan ada SMP dan SD. Tidak menjadi sulit lagi untuk mempersiapkan adiwiyata, tapi itu harus dilakukan secara bersama-sama antara sekolah, Pemerintah, masyarakat dan orang tua wali murid,” bebernya. (Red/Rls)

Sumber : Lampost.co