Solusi Sekolah PKBM, Tutor Muda Isi Pelatihan PCP di Bandar Lampung

Madani-News.com – Lampung – Bandar Lampung (08/11/2019), Diklat, peningkatan Peningkatan Kompetensi bagi tutor penerapan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) oleh satuan PNF SKB Bandar Lampung. ada yg menarik dari kegiatan yaitu salah satu pemuda yang menjadi tutor dikegiatan dengan usia paling muda berusia 24 th PCP (Pelatih Calon Pelatih) pendidikan kesetaraan bernama Sujar yang dulu pernah mengemban pendidikan Sekolah paket C yang kini sudah memiliki sekolah PKBM sendiri yang berlokasi di Kecamatan Natar Lampung Selatan .

Acara inj dilangsungkan pada tanggal (04/11) s/d (08/11) tepatnya prosesi acara berlokasi di SKB Kota Bandar Lampung. Jumlah peserta yang mengikuti pelatih calon pelatih, Kurikulum 2013 (K13) berjumlah 40 dari perwakilan masing masing PKBM di Lampung yang diharapkan kelak nantinya bisa menjadi pelatih dan tenaga pengajar yang mampu mengayomi dan mendidik para murid Paket C mampu berdaya saing dimasyarakat yang mandiri.

Tutor muda, bernama Sujar ini pernah mengemban sekolah Paket C Tahun 2013 lalu dan alumni PCP pangkal pinang 2019, yang tergerak hatinya untuk mendirikan sekolah Paket C. Sujar menjadi tutor bersama ditemani dengan tiga tutor antara lain ardy, Idak dan Nani.

“Setelah ikut Diklat ini ada tugas mandiri yang harus di selesaikan mas,” ungkap Fitri dari PKBM BKP Kota Bandar Lampung.

Peran sekolah PKBM ini sangat penting karena dirasakan manfaatnya yg tidak sekolah formal bisa dengan ini solusinya, bagi mereka yang ingin bersekolah selain pelajaran umum ada pelatihan kewirausahaan mandiri .

Pendidikan penyetaraan bukan lagi menjadi pendidikan alternatif bagi warga yang tidak belajar. Tetapi menjadi salah satu solusi bagi pemerintah daerah dalam memberikan pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) bagi masyarakat yang tidak atau putus sekolah.

“Saya harap, para peserta tetap semangat untuk pengabdian, untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) agar bisa bermanfaat buat orang lain”. Ungkap sujar saat diwawancarai wartawan Madani-News.com. (Red/Alinda)