Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Kampung Negeri Batin di Way Kanan Aspal Jalan Sendiri

 23 total views

Way Kanan – Pembangunan suatu daerah tidak selalu bergantung pada dana pemerintah saja. Dana swadaya masyarakat bisa menjadi alternatif. Hal ini sudah dibuktikan oleh Masyarakat Dusun Muara Lungka, Kampung Negeri Batin, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Mereka mampu melakukan pengaspalan untuk memperbaiki akses jalan yang tergolong rusak parah sepanjang kurang lebih 350 Meter secara swadaya.

Nur S.A, Salah seorang warga Muara Lungka, Minggu (11/04/21) mengatakan, inisiatif warga untuk memperbaiki jalan dengan mengaspal secara swadaya berawal dari usulan perbaikan jalan yang tak kunjung direspons Pemerintah Kabupaten Way Kanan. Karena terlalu lama menunggu, mereka pun memutuskan untuk membangun sendiri.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa jalan di Dusun Muara Lungka ini kurang lebih hampir 12 tahun lamanya tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah jadi sangat wajar jika kondisinya rusak parah ditambah lagi saat memasuki musim penghujan, membuat kami sangat kesulitan untuk melintasinya,” katanya kepada wartawan.

Mereka sadar untuk memajukan daerahnya akses jalan menjadi kunci utama. Semakin mudah diakses maka daerah tersebut akan mudah dikenal masyarakat luar. Alasan inilah yang menggugah semangat mereka.

“Bila kesadaran masyarakat untuk swadaya makin tinggi, insyaallah angka kemiskinan akan terus berkurang,” bebernya.

Ia menjelaskan, Dana untuk pembangunan jalan dikumpulkan murni dari hasil swadaya masyarakat dusun Muara Lungka dengan cara iuran per KK. dan ditambah sumbangan uang donatur dari para tokoh di dusun tersebut.

Pembangunan jalan itu ditarget bisa selesai hari ini. Karena dilakukan secara bergotong-royong seluruh Warga Dusun Muara Lungka.

“Tiga hari ini sudah mulai pengaspalan. Sehari sebelumnya, kami mencari kayu untuk dipakai sebagai bahan bakar pembakaran aspal,” tutupnya.

Meski sebagian ruas jalan telah diperbaiki secara swadaya, Warga Dusun Muara Lungka berharap pemerintah setempat segera turun tangan untuk mengatasi jalan rusak tersebut. Sebab, di sepanjang jalan dari dusun Way Kanca hingga Dusun Muara Lungka, akses jalan tersebut tergolong rusak parah. (*)