Terima Audiensi, Bupati Way Kanan Adipati Tandatangani MoU Dengan IAIN Metro

Lampung, Way Kanan – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menerima Audiensi dari Rektor IAIN Metro, Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag.,PIA, didampingi Wakil 3 Rektor, Dr. Mahrus As’ad, M.Ag serta jajaran di ruang kerjanya, Selasa (24/01/2023) didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Bagian Kerjasama Setdakab.

Bupati Adipati pada kesempatan tersebut menyambut baik serta mendukung agar mahasiswa/mahasiswi IAIN Metro asal Way Kanan dapat melaksanakan tugas KKN di Kabupatennya, sehingga dapat mengabdikan diri ditanah asalnya. Selain itu, Bupati juga mendukung terlaksananya dua program dari IAIN Metro yaitu Pengembangan SDM dan Ekonomi Digital, yang dinilai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan.

Sebelumnya, Rektor IAIN Metro menyampaikan bahwa tujuan kunjungan tersebut yaitu untuk melepas Mahasiswa/Mahasiswi yang akan melakukan pengabdian masyarakat selama 40 hari di Kabupaten Way Kanan. Selanjutnya, juga dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara IAIN Kota Metro dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dengan harapan adanya dua program yang dapat bersinergi dengan IAIN yaitu dalam Pengembangan SDM serta Ekonomi Digital. Dimana kedua program tersebut dianggap sangat penting mengingat memiliki manfaat yang benar-benar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Bumi Ramik Ragom.

Disampaikan dalam audiensi tersebut bahwa IAIN Kota Metro telah mulai mengembangkan program ekonomi kreatif, yang terbukti dengan adanya Payungi (Pasar Yosomulyo Pelangi) yang menjadi Roll Mode ­dalam pengembangan Ekonomi Kreatif. Selain itu, sebelum dilakukan pelepasan mahasiswa KKN, telah dilakukan pemetaan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Way Kanan untuk berkontribusi di wilayah asalnya, dengan dibekali kemampuan pengelolaan digital serta mengelola manajemen ekonomi mahasiswa/mahasiswi KKN yang dapat membawa program yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan terkait Pemberdayaan SDM dan Ekonomi Digital. (Red/Adv)