Tim KKN UBB Kelurahan Matras Bantu Susun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dengan Pemetaan Menggunakan Drone

Madani-News.com –¬†Perencanaan suatu kawasan akan lebih baik jika dilakukan secara partisipatif, baik itu dari masyarakat di tingkatan paling bawah sebagai bagian terpenting dari dasar perencanaan, maupun pemangku wilayah seperti Ketua RT/RW, Lurah, Camat bahkan Bupati sebagai pengambil keputusan. Mengapa masyarakat dikatakan sebagai bagian terpenting dalam sebuah perencanaan? Karena pembangunan atau pengembangan kawasan itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di dalam kawasan itu sendiri.

Adapun kawasan yang akan direncanakan untuk dikembangkan atau dibangun dalam hal ini adalah Kelurahan Matras. Melalui kegiatan KKN XV UBB yang didampingi oleh Kurniawan, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), pihak kelurahan menyampaikan aspirasi masyarakat untuk dapat membangun Ruang Terbuka Hijau di Kelurahan Matras, tepat nya di lahan milik kelurahan yang berlokasi tepat di depan Villa Puri Ansel sebagai tempat bermain anak-anak maupun tempat berkumpul masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial atau berolahraga.

“Kegiatan KKN XV UBB kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan KKN sebelumnya, karena masih dalam keadaan pandemic Covid-19 sehingga kegiatan ini dibatasi hanya untuk 15 peserta KKN saja untuk menghindari keramaian. Dalam program kerjanya, peserta KKN kelurahan Matras ini mempunya program kerja dengan 3 bidang besar yaitu, Ekonomi Kreatif, Lingkungan, dan Kesehatan. Dalam hal membantu pihak kelurahan dalam memberikan masukan terhadap perencanaan pembangunan RTH ini masuk ke dalam bidang Ekonomi Kreatif Peserta KKN sangat antusias untuk berperan dalam kegiatan perencanaan ini. jelas Orie Fachridho Hermawan selaku Ketua KKN Tematik XV UBB, Kamis (30/7/2020).

Ia mengatakan, Langkah awal yang dilakukan oleh peserta KKN Matras ini adalah mengambil foto udara dengan menggunakan drone yang dilakukan langsung oleh Bapak Kurniawan, M.Si selaku DPL. Pembuatan misi terbang dengan wahana drone dan pengambilan foto udara dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 25 Juli 2020 yang berlokasi tepat di lahan yang akan direncanakan untuk dibangun Ruang Terbuka Hijau.

Dosen Pembimbing Lapangan, Kurniawan, M.Si mengatakan Dari hasil foto udara yang telah diambil, dapat dilihat lokasi kawasan rencana RTH yang berdekatan dengan kawasan pemancingan, kawasan Puri Ansel dan Kawasan Wisata Tongaci. Di lokasi perencanaan yang akan dibangun RTH sudah dilengkapi oleh fasilitas eksisting seperti musholla dan toilet. Peserta KKN sudah melakukan survey lapangan ke lokasi terkait dan didapati bahwa lokasi tersebut merupakan lahan kosong dengan pepohonan serta timbunan pasir yang tidak rata atau berbukit.

Setelah melakukan survey lapangan serta pemetaan menggunakan drone, diketahui bahwa luasan kawasan perencanaan adalah seluas 2,35 Ha. Tim KKN Matras berusaha untuk membuat sebuah peta masterplan atau peta kawasan detail perencanaan dengan membagi lahan tersebut menjadi beberapa zona. Zona perencanaan yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1) Zona Pusat Jajanan; 2) Zona Playground; 3) Zona Lapangan Badminton; 4) Zona Gym Outdoor; 5) Zona Kolam retensi atau wisata air; dan 6) Zona Jogging Track. Pembagian zona tersebut dapat dilihat pada peta di bawah ini.

Perencanaan ini nantinya akan dipaparkan di depan pihak kelurahan dengan harapan dapat memberikan masukan serta arahan agar perencanaan ini dapat terealisasi sesuai keinginan masyarakat. (Red/Succed)