Unik Sekali? Pisang Blue Java, Buah Berwarna Biru Rasanya Seperti Es Krim

Madani-News.com – Kebanyakan buah pisang yang matang memiliki kulit berwarna kuning. Namun, ada juga yang berwarna merah jingga seperti pisang Tongkat Langit dari Maluku.

Ada beberapa lagi warna pisang yang biasa dilihat. Tetapi, warna pisang yang satu ini sangat tidak umum dan benar-benar berbeda. Warnanya biru kehijauan dan dinamakan Blue Java Banana.

Dikutip dari detikfood, biji pisang Blue Java ini dijual di Amazon dengan harga $4.73 atau sekitar Rp 67 ribu karena memiliki warna yang unik.

Teksturnya sangat lembut dan rasanya seperti es krim vanila. Oleh karena itu, banyak yang menyebut “si biru” unik ini dengan sebutan pisang es krim.

Banyak juga yang membekukan buah berkulit biru ini di freezer untuk dikonsumsi sebagai es krim. Enaknya lagi, pisang ini punya rasa manis yang cukup sehingga pas dijadikan topping toast atau ragam olahan dessert.

Pisang ini tergolong sehat karena tidak perlu menambahkan pemanis jika ingin dikonsumsi. Tergolong ke dalam jenis genom ABB dan merupakan produk mutasi alami dari tanaman sama, sehingga memiliki rasa yang berbeda.

Varietas ini pertama kali ditanam di Hawaii awal 1920an. Tapi, pisang ini juga banyak terdapat di Asia Tenggara dan Amerika Tengah.

Ada lebih 100 jenis berbeda yang tumbuh di tanah Hawaii, masing-masing mempunyai warna kulit dan tekstur rasa unik yang berbeda, Blue Java ini adalah salah satunya.

Meski masuk dalam kategori buah-buahan tropis, tetapi mampu tumbuh di lingkungan dingin, bahkan dalam suhu di bawah titik beku.

Dikutip dari idntimes.com, ukuran buah pisang varietas ini cukup besar dan bisa mencapai panjang hingga 18 cm dengan diameter yang juga cukup lebar.

Meski Blue Java memiliki kulit bagian luar yang berwarna biru cerah, namun ternyata bagian dalam atau dagingnya tetap berwarna cream kekuningan.

Kandungan Blue Java Banana

Nutrisi yang terdapat pada Blue Java Banana memiliki banyak kandungan vitamin B6 dan C, serta kaya akan kalium, magnesium, tembaga, mangan, dan protein.

Kandungan kalium di dalamnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi pisang biru juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kandungan serat di dalamnya juga bisa membantu mencegah dan memulihkan sembelit serta mempertahankan fungsi usus.

Sayangnya, buah ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia. Jika ingin menanamnya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu kedalaman tanah, jumlah air dan suhu.

Jangan tanam benih buah terlalu dalam dan gunakan tanah yang lembap dan tidak terlalu basah. Tanah yang terlalu basah akan membuat benih berjamur dan tidak berkecambah.

Suhu tanah optimal untuk perkecambahan biji adalah sekitar 21 derajat celcius.

Sumber : Klik Hijau