Walikota Metro Wahdi Hadiri Rapat Anggota VI Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia Cabang Lampung

Kota Metro – Walikota Metro Wahdi menghadiri Rapat Anggota VI Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) Cabang Lampung, Kegiatan ini dilaksanakan secara zoom meeting dan juga offline, di Ballroom Hotel Grand Sekuntum Kota Metro, Minggu (07/11/2021).

Kegiatan ini mengusung tema Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (Sp.KKLP), Menjawab Tantangan dan Kompleksitas Pelayanan Kesehatan di Era JKN.

Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, selaku ketua PDKI cabang daerah menyampaikan bahwa anggota PDKI adalah semua dokter penyelenggara pelayanan kesehatan tingkat primer baik yang baru lulus maupun yang telah lama berpraktik sebagai Dokter Praktik Umum.

“Peran dokter keluarga sangat penting, untuk memberikan motivasi, semangat dan edukasi sebagai salah satu obat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dr. dr. Herqutanto juga menyambut baik kegiatan ini, karena kita harus bekerja sama, bahu membahu, saling membantu dan mendukung melalui tugas pokok dan fungsi masing-masing, dalam kegiatan (Sp.KKLP) ini.

“Peran Sp.KKLP sangat penting di era JKN ini dan sangat jelas bisa dilihat dari pelayanan kesehatan masyarakat dalam kehidupan, JKN adalah pelayanan yang diberikan adalah pelayanan berjenjeang di utamakan continuity of care, continuity of care juga di utamakan untuk pelayanan penyakit yang serius, dan penyakit yang berkesinambungan”, tuturnya.

Dalam hal ini, Wahdi memberikan pengertian ilmiah tantang refleksi Kesehatan Keluarga Layanan Primer.

“Sebagian besar masalah kesehatan seharusnya dapat dicegah dan di kontrol dengan baik, di layanan primer, layanan primer yang kuat akan dapat menghemat anggaran karena akan ada penekanan pada upaya preventif dan bukan semata mara kuratif,” ucapnya.

Lanjutnya, pengalaman dokter praktik di layanan primer sangat penting dalam merawat pasiennya. Indonesia juga sangat merespon dalam Sistem Jaminan Kesehatan bagi Penyelenggara Jaminan Sosial yang masih terus disempurnakan

“Pencegahan suatu permasalahan penyakit lebih baik dari pada mengobatinya, keberlanjutan pelayanan juga amat sangat penting apabila disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan pasien dari segala kelompok usia, ekonomi dan lainnya,” tuturnya.

Imbuhnya, Wahdi mengatakan, jhdul refleksi ilmiah yang saya ambil sangat menggambarkan visi misi dan juga kegiatan JAMA-PAI, yang merupakan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan anak, dan ibu dalam bentuk Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu sebagai strategis pembangunan kesehatan masyarakat Kota Metro. (Red/Adv)