World Cleanup Day di Pandeglang Sukses Digelar Dengan Patuhi Protokol Kesehatan

 8 total views

Pandeglang – Pantai Caringin merupakan salah satu titik lokasi World Clean Up Day (WCD) di Pandeglang untuk Indonesia Bersih, kegiatan ini sukses digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, diikuti oleh berbagai relawan, organisasi, dan komunitas. WCD dilaksanakan pada Hari Sabtu, 19 September 2020 Pantai Caringin Kecamatan Labuan Pandeglang- Banten.

World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia. Setelah sukses melibatkan 9.5 juta relawan pada 2019, WCD Indonesia kembali bersama jutaan relawan di tahun 2020 dengan kampanye yang sama, #kami13juta.

Kegiatan ini diadakan oleh 180 lebih negara di dunia. Sejak dua tahun berturut-turut, 2018-2019, Indonesia menjadi negara yang memimpin aksi cleanup terbesar di dunia, disusul negara kedua, Pakistan.
Ahmad Muchtarom ( Ayom ) Leader WCD Pandeglang mengatakan bahwa kegiatan WCD Tahun ini difokuskan pada edukasi dan cleanup tentang pengelolaan sampah di tempat wisata.

“Kegiatan WCD di Pantai Caringin, kegiatan pada WCD kali ini, lebih disederhanakan yaitu lebih berfokus pada mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dan cleanup,”Katanya.

“Meskipun penyelengaraannya tahun ini lika-liku, dan terdapat beberapa kendala, karena PSBB namun Alhamdulillaah dengan perjuangan seluruh core team Pandeglang, akhirnya kegiatan ini tetap bisa terselenggara, dengan terdapat catatan, dan harus tetap melaksanakan protokol kesehatan”jelas Ayom.

Ia juga menambahkan, hasil dari clean up di pantai caringin berhasil mengumpulkam sampah sebanyak total 105 Kg “untuk sampah yang berhasil kita kumpulkan total sebanyak 105 kg semuanya, mulai dari sampah organik, non organik dan residu”.

Sementara itu Wardiah, salah satu peserta WCD Pandegalang, perwakilan dari Finalis Putra Putri Wisata Banten 2020 perwakilan dari Cilegon, mengatakan kegiatan WCD ini sudah cukup bagus, dapat memotivasi diri saya pribadi, dengen teman-teman maupun masyarakat sekitar.

Dan saya harapkan setelah acara ini tidak hanya untuk satu kegiatan saja, tapi melalui wcd ini kita bisa terus membuat event-event besar terkait sampah, karena berbicara sampah itu, hal yang kecil cuma bisa berakibat fatal untuk kedepannya.

Kita semua senang, kita dapat pembelajaran, apalagi kita dari wisata mungkin melalui wcd ini nanti kita bisa terus berkolaborasi tentang lingkungan maupun wisata saya harapkan seperti itu, terlebih kita bisa mengangangkat tempat wisata khususnya wisata yang ada di Banten, dengan cara tempat wisata di Banten yang bersih. (*)