Wujudkan Pelestarian Lingkungan Ikapi dan Diskepora Babel Gelar Pembekalan Duta Pepelingasih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung – Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih Babel) bersama Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora Babel), menggelar Save the environment starting from your own action dalam rangka kegiatan Pembekalan Duta Pepelingasih Babel 2021.

Kegiatan Pembekalan Duta Pepelingasih Babel 2021 yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Pepelingasih Babel di BLKI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilaksanakan tanggal 5-6 April 2021, diikuti sebanyak 14 peserta yang berasal dari perwakilan 7 kabupaten dan kota se-Babel itu, dalam rangka untuk pembekalan karakter pemuda peduli lingkungan.

Orie Fachridho Hermawan Selaku Koordinator Pepelingasih Babel, mengatakan kegiatan ini upaya untuk membangun kesamaan pandang, kesamaan persepsi dan kesamaan langkah, harus dikembangkan sejak dini untuk memadukan berbagai keinginan para pihak terhadap kualitas lingkungan hidup yang baik dan bernilai, baik itu Daerah Aliran Sungai (DAS), Hutan, Bekas Tambang, Pesisir dan Lautan, ataupun Pengelolaan Sampah yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya yaitu dengan mengembangkan, melaksanakan upaya pengurangan, penanganan, dan pemanfaatan sampah serta tata pengelolaan sampah. Kamis (8/4/2021)

Pepelingasih haruslah menjadi bagian dari keadilan global, dimana upaya pelestarian ekosistem lautan dan ekosistem daratan, khususnya hutan, kewirausahaan, pengelolaan sampah, penanggulangan bencana, serta gaya hidup ramah lingkungan dengan pengurangan penggunaan plastik, menjadi kunci dari peningkatan kualitas lingkungan dan kesejahteraan sosial. Urgensi pembangunan kepemudaan dan lingkungan hidup di Indonesia memang harus diperjuangkan untuk kepentingan publik bahkan politik, demi Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2030.

Program Pembekalan Duta Pepelingasih Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diperuntukkan bagi pemuda aktif penggiat dan peduli lingkungan yang masuk dalam komunitas atau kelompok pemuda dari Kabupaten/ Kota dan Provinsi yang memiliki kegiatan dalam melestarikan lingkungan, pemilahan sampah, pengelolaan sampah, dan kegiatan lainnya yang berbasis ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Diskepora Bangka Belitung, Ferdiyan Hermawan Loebis, mewakili Kadispora mendukung kegiatan dan sekaligus membuka pelaksanaa kegiatan Pembekalan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih). Kegiatan ini diikuti pemuda-pemuda pilihan yang telah lolos seleksi dari Kabupaten/Kota, fokus pada perbaikan dan Pelestarian lingkungan (darat, laut, udara) dan memiliki keterampilan dalam memanfaatkan limbah/ daur ulang sampah menjadi barang tepat guna, yang dikirim dari hasil seleksi Dispora Tingkat Kabupaten atau pemangku kepentingan lainnya. Program ini adalah program berkelanjutan yang direncanakan dapat dilaksanakan setiap tahun untuk mencetak pemuda hebat di bidang pelestarian lingkungan hidup yang diharapkan dapat memberikan perubahan positif di daerahnya masing-masing. (Red)