YBM BRI Kanwil Bandar Lampung lakukan pembinaan Kepada para Petani Jagung IP2BK

Madani-news.com -Lampung Selatan -Bertempat di Musholla Nurul Hikam Desa Rejomulyo Kecamatan Jati Agung Kab. Lampung Selatan, dilakukan pembinaan PKUR tanam jagung yang dihadiri oleh 18 orang peserta IP2BK dan 4 orang suami peserta (04-04-2019).

Desa Rejomulyo merupakan desa yang terpilih objek pemberdayaan zakat oleh YBM BRI di Lampung melalui program IP2BK, dimana sejak belasan tahun yang lalu mayoritas warganya adalah petani jagung. Sedangkan IP2BK adalah integrasi program pemberdayaan berbasis keluarga. Pelaksanaan IP2BK di Desa Rejomulyo merupakan pilot projek program IP2BK di Lampung.

Para peserta memperhatikan dengan seksama pemaparan dari Sdr. Galang Agum Gumelar, beliau adalah anak mantu dari Ibu Umi Salamah, salah satu peserta IP2BK yang juga merupakan praktisi petani jagung dari Desa Margajaya Kec. Jati Agung Kab. Lampung Selatan.

Suasa Para Petani Jagung ketika dalam suana pembinaan YBM BRI Kanwil Bandar Lampung

Dalam kesempatan tersebut Sdr. Galang memaparkan dengan sejelas-jelasnya tentang bagaimana aplikasi tanam jagung yang baik agar hasil maksimal dan yang terpenting tetap ramah terhadap kesuburan lahan pertanian dalam jangka panjang. Kesuburan tanah akan dapat ditingkatkan jika para petani terbiasa mengaplikasikan pupuk organik pada lahan pertanian yang ada.

Rudiyanto ketika menyapaikan startegi penataan Yang baik agar Petani Jagung berkembang baik.

Pada sesi selanjutnya Rudiyanto selaku pendamping IP2BK mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bermusyawarah tentang rencana penggunaan dana tunjangan kesehatan. Telah disepakati dan dibuatkan berita acara yang berisi bahwa dana tersebut akan dimaksimalkan berupa pembelanjaan alat Kesehatan, alat kebersihan dan bahan makanan pokok.

Dengan pembelanjaan ini seluruh peserta merasa sangat terbantu karena dilakukan pada moment yang tepat menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, sehingga seluruh peserta dapat menyambut ramadhan dengan penuh suka cita dan syukur atas bantuan yang didapatkan. Tidak lupa kami berterima kasih kepada segenap amilin dan muzakki YBM BRI, semoga keberkahan terlimpah kepada kita semua. Aamiin Ya Rabb. (Red)