Yozi Rizal : Menilai Adipati Mampu Mengelola Objek Wisata Way Kanan Dengan Baik

Madani-news.com – Way Kanan – Caleg DPRD terpilih provinsi Lampung dapil 5 Lampung Utara – Way Kanan, Yozi Rizal menilai di bawah kepemimpinan Raden Adipati Surya perkembangan sektor pariwisata di kabupaten way kanan cukup baik.

Air Terjun Putri Malu adalah salah satu objek destinasi wisata unggulan yang terletak di kawasan Register Bukit Punggur, Kecamatan Banjit. Dengan ketinggian sekitar 100 M, air terjun ini sangat mempesona ditambah asrinya pegunungan yang menyejukkan mata.

“Saya kira, dibawah kepemimpinan Raden Adipati Surya geliat pariwisata Way Kanan utamanya terkait beberapa Air Terjun seperti Curup Gangsa, Curup Kereta dan Putri Malu cukup baik”, Kata bang yozi, Sapaan akrabnya. Senin (20/5/2019).

Bang yozi sapaan akrabnya menjelaskan pemerintah kabupaten way kanan selalu berkoordinasi dengan dinas pariwisata provinsi Lampung mengenai potensi alam yang ada di bumi ramik ragom tersebut.

“Tentu sudah ada koordinasi dengan pehak Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. kita akan lihat hal apa yang paling mungkin bisa dilakukan dalam rangka mendorong utk lebih baik dan lebih maju”. Tambahnya.

Way Kanan juga sudah dikenal dari jaman orde baru (ORBA) dengan negeri 1001 air terjun, ini menggambarkan bahwa di kabupaten ini banyak sekali objek air terjun.

Selain air terjun putri malu way kanan juga memiliki objek wisata yg tak kalah menariknya yakni Curug Gangsa yang terletak di Kampung Kota Way Kecamatan Kasui.

Ada juga Kampung Wisata Gedung Batin di Kecamatan Blambangan Umpu. Kampung Tua Gedung Batin memiliki potensi wisata ekologi dan budaya perkampungan tradisional Lampung di Way Kanan. Merupakan kampung tertua di ini, disini juga masih bisa dilihat 8 unit rumah tua berusia 400 tahun peninggalan budaya dari arsitektur tradisonal sampai perabotan antik sebagai perangkat adat dan budaya Lampung Way Kanan. (*)